things i love about this city

Tinggal di Solo sekarang ini menurutku udah enak banget. Beda sama jaman aku masih SMA. Kayaknya sekarang, tuh, semuanya ada. Dulu palingan cuman bisa nongkrong di Manahan dan mall-nya cuman satu, plus bioskopnya pun suka basi filmnya (tapi masih mending kayaknya dibanding bioskop di Depok :P). Sekarang? Udah berubah 180 derajat!

Sekarang Solo, tuh, lengkap banget. Nggak selengkap Bandung atau Jakarta, sih (iyalah, Solo cuman secuil gini), tapi hampir sama kayak Jogja, minus mahasiswa yang bejibun. Jalannya juga enak, meskipun panas tapi rindang dan nggak macet. Udah gitu dari ujung ke ujung ada… aja tempat asik. Entah itu mall, cafe, atau tempat makan tradisional yang enak. Ditambah harga sangat bersahabat. Semua kayak gampang banget di Solo.

(photo courtesy of chez-space.blogspot.com)

Aku agak amazed, sih, sama kotaku sendiri setelah aku tinggal di sini dan mulai jalan-jalan akhir-akhir ini. Lima tahun yang lalu Solo, tuh, masih kota wisata yang bener-bener wisata. Palingan cuman bisa ke Kraton, pasar, belanja batik. Agak susah, sih, buat anak muda hidup di Solo karena semua kayaknya serba ‘tradisional’ gitu. Sekarang udah berubah.

Mall-nya udah lumayanlah, ada tiga biji. Emang sengaja nggak terlalu banyak, sih, biar nggak jadi kayak Jakarta. Selain itu tempat nongkrong juga banyak. Aku, kan, tipe orang yang suka nongkrong di cafe sama temen-temen. Dulu di Solo mana ada beginian. Sekarang udah lumayan banyak. Tempatnya nyaman, makanannya enak, dan harganya murah! Komplit lah.

Tambahan lagi sekarang udah ada XXI di Solo Square dan juga bakal ada satu lagi di Solo Paragon. Kalo sebelum ada XXI ini nonton film baru musti ke Jogja :(. Berhubung sekarang ada XXI dan bisa 3D jadi nggak perlu kemana-mana. Apalagi 3D di XXI Solo Square tuh murah, cuman 30.000. Yeay!

Akhir-akhir ini Solo, tuh, perkembangannya cepet banget. Dari jaman mall masih Grand Mall, lima tahun lalu, sekarang udah ada Solo Square dan Solo Paragon yang masih perbaikan sana-sini, tapi bakal jadi mall yang komplit. Terus tempat wisata kayak Waterboom juga ada. Cafe-cafe juga banyak (horeee! :D). Tambahan lagi wisata tradisional, kayak Kraton, Pasar barang antik Triwindu, Ngarsopuro, belanja batik, wisata kuliner tradisional, sampe event yang kayaknya tiap bulan ada… aja acara. Yang anak kuliah asyik, tuh, CV-nya nambah teruuus :P.

Mungkin karena perubahan besar-besaran di Solo dalam tujuh tahun terakhir ini, ditambah nama Jokowi yang beredar di mana-mana (kalo aku bilang dari Solo pasti orang ngomong, “oh, yang walikotanya Jokowi itu”) makanya Solo jadi cepet banget berkembang. Mahasiswa dari luar kota juga udah banyak di Solo (karena sekarang UNS juga tambah ngetop :D) bikin bisnis anak muda juga jadi ramai.

Seneng banget, deh, di Solo. Lima tahun lalu, pas kuliah, aku mikir: kalo aku di Solo mau jadi apa dan mau ngapain? Sekarang kayaknya mulai terpikir kalo ‘terdampar’ di sini bisa punya banyak pilihan dan kotanya juga udah rame, sih. Bukan lagi kota ‘pensiunan’ kayak dulu. Hahaha…. 😛


2 thoughts on “things i love about this city

  1. Terima kasih berbagi cerita tentang Solo, ya? Kota ini tak ada habisnya untuk diceritakan 🙂

Leave a comment